Assalamualaikum Wr.Wb.....

Hallo teman-teman......
Saya Yuli Prihatini dari SMK Muhammadiyah 1 Marga Tiga
Dan sedang prakerin di LKP Metro Techno Solution 
Di blog kali ini saya akan membahas tentang Adobe Premiere.

Apa itu Adobe premiere?

 Adobe Premiere adalah aplikasi adobe, dimana aplikasi ini difokuskan untuk editing video, berbeda dengan adobe photoshop yang fokus di editing foto. Kenapa sih namanya Adobe Premiere CS6?, nah jawabanya yaitu karena CS6 disini berarti adobe premiere ini merupakan Adobe Premiere generasi yang ke-16.
Nah, untuk mempelajari  lebih dalam lagi, mari kita langsung saja  pelajari adobe premiere tersebut.

1
Pertama, kita pilih opsi “New Project” untuk membuka project baru , namun jika nanti kamu ingin project kamu yang sudah kamu buat maka pilihlah opsi “Open Project”.
2
Nah, setelah kita pilih “New Project”, kita akan melihat tampilan seperti ini. ini adalah tampilan dimana kalian memilih jenis video yang akan kalian edit. Disini saya rekomendasikan kalian untuk memeilih opsi seperti yang saya tampilkan pada gambar diatas.
3
Nah, setelah langkah yang tadi jangan dulu klik “OK”, karena masih ada yang harus diatur dulu oleh kalian. pilih lah opsi “SETTINGS” seperti diatas. lalu akan terlihat tampilan seperti diatas. Nah, disini kita akan mengatur “Frame Size” dan “Timebase”. Bagaimana cara mengaturnya , mari kita masuk ke langkah selanjutnya.
5
Caranya kalian tinggal buka video yang akan kalian edit , buka video tersebut lewat aplikasi VLC, lalu buka opsi “TOOLS” dan buka “CODEC INFORMATION”. Lalu kalian tinggal samakan saja settingannya seperti gambar diatas ini. Setelah itu pilih opsi “OK”.
6.png
Nah, Kita mulai ke tampilan utama Adobe Premiere CS6 ini. disini terdapat 4 layar yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda. berikut adalah pengertian tentang kempat layar tersebut :
1. Project
Project adalah dimana tempat kita untuk melihat daftar list video maupun musik yang kita masukkan kedalam adobe premiere cs6 ini.
2. Source
Source adalah layar dimana kita akan mengedit video mentahan kita yang berada pada layar pertama yaitu pada layar Project.
3. Timeline
Timeline adalah layar dimana tempat untuk kita menyimpan hasil list video dan musik yang telah kita edot di layar Project.
4. Program
Program adalah layar dimana tempat kita untuk melihat hasil dari editan kita.
7
Bagaimana sih cara edit video di Adobe Premiere CS6? nah, ini dia caranya. Pertama hal yang harus kalian lakukan adalah membuka opsi “FIle” lalu pilih “Import” seperti gambar diatas.

8
Lalu , pilihlah video yang akan kalian edit, entah itu 1, 2 ataupun 3 video. Lalu klik “Open”.

9
setelah itu kita pilih lagu yang akan dimasukkan kedalam video tersebut. Nah, disini saya pilih lagu Sheila On 7, lalu klik “Open”.

10
Pertama , kita seret video yang berada dilayar “Project” setelah itu potong bagian video yang kalian inginkan dengan mengklik tombol “{” ini disebut dengan Mark in atau sebagai awal dari video yang ingin kalian edit. Setelah itu klik “}” ini disebut Mark Out atau sebagai akhir dari video kalian. Edit satu-persatu video kalian lalu seret ke layar “Timeline” lalu secara otomatis video yang ada di Timeline akan terlihat di layar “Program”. agar suara dalam video mentahan kita tidak masuk ke dalam Project kita maka seret logo video saja yang ada di layar “Source” ke “Timeline”. Lalu masukkan lagu dengan cara menyeret langsung dari “Project” ke “Timeline”. Dan hasilnya seperti pada gambar diatas.

11
12
Nah, Pada dua gambar diatas kita akan mencoba memotong lagu agar pas dengan video kita. Caranya klik glogo yang seperti silet di layar Timeline lalu paskan musiknya dengan video, lalu kilk. Setelah itu musik yang tersisa tinggal kita delete.

14
Nah, untuk save hasilnya kita pilih opsi “File” diatas lalu pilih “Export” lalu “Media”. Lalu akan muncul tampilan seperti gambar diatas. Agar video kalian bagus pilihlah format “H.264”.

untitled
Dan ubah settingannya “Bitrate Encording” ke CBR.
14

15

16
Nah, untuk settingan audionya saya rekomendasikan samakan saja dengan settingan saya pada tiga gambar diatas. Setelah itu klik “Queue” untuk menyimpan video kalian
Mungkin itu saja pembahasan tentang Adobe premiere,terima kasih yang sudah membaca 
Saya akhiri,wassalamu'alaikum Wr.wb...

Komentar